Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Rabu, 22 Desember 2010

Andi Mallarangeng: Irfan Bachdim Asli Indonesia

Rabu, 22 Desember 2010
Jangan sampai salah kaprah. Irfan Bachdim adalah murni pemain Timnas yang berkewarganegaraan Indonesia, memiliki paspor Indonesia.

Irfran, status kewarganegaraannya, tidak sama seperti El Loco Gonzales yang semula berkewarganegaraan Uruguay kemudian menjadi warga negara Indonesia melalui proses naturalisasi. Irfan juga berbeda dengan Kim Kurniawan soal status kewarganegaraannya.

Kim, sebelumnya tercatat sebagai warga negara Jerman, kemudian dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia.

Hal ini ditegaskan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, saat ditemui khusus oleh tribunnews, Jumat, 19 Desember lalu sebelum mengikuti rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden.

"Irfan Bachdim, bukan naturalisasi. Dia adalah warga negara Indonesia, berpaspor Indonesia. Lahir, besar di luar negeri, latihan di luar negeri, dan sekarang pulang kampung membela Indonesia," kata Andi Mallarangeng.

Kebijakan naturalisasi, kata Andi, adalah kebijakan pemerintah yang dilakukan kepada para atlit-atlit berprestasi di luar negeri dan ingin menjadi warga negara Indonesia. Oleh karena itu, Kim Kurniawan, yang sebelumnya berkewarganegaraan Jerman, kemudian dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia.

"Kim Kurniawan itu, kakeknya orang Indonesia, bapaknya orang Indonesia. Cuma kemudian, Kim menjadi warga negara Jerman (kini sudah dinaturalisasi). Kalau Irfan Bachdim dia adalah warga negara Indonesia, berpaspror Indonesia," Andi menandaskan.

Saat itu, Andi Mallarangeng juga menjelaskan, kementeriannya bekerjasama dengan kementerian luar negeri, memantau para atlet-atlet dari cabang olahraga lain, termasuk para pemain sepakbola, di luar negeri yang dianggap berprestasi.

Bila dianggap berbakat, bisa berprestasi, kemudian ditanyakan, apakah yang bersangkutan mau dinaturalisasi, menjadi warga negara Indonesia, pindah dari kewarganegaraan sebelumnya. Naturalisi, tidak berlaku, bila ada atlet atau pemain sepakbola di luar negeri, memang sudah secara resmi berkewarganegaraan Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar