Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Selasa, 14 Desember 2010

"Kiper Filipina Lebih Hebat dari Markus"

Selasa, 14 Desember 2010
Johnny Romualdez belum juga puas melancarkan perang urat syaraf jelang duel Filipina kontra Indonesia di babak semifinal AFF Suzuki Cup 2010. Setelah sebelumnya menyebut skuad The Azkals siap mematikan bomber Indonesia Cristian 'El Loco' Gonzales, kini giliran kiper Indonesia yang jadi sasaran utama.

Kendati tak lagi aktif di Federasi Sepak Bola Filipina (PFF), namun Romualdez masih tetap aktif memberikan dukungannya, salah satu caranya dengan menginformasikan peta kekuatan Indonesia. Setelah di beberapa kesempatan ia menyoroti kinerja lini depan dan lini tengah skuad Garuda, kali ini giliran kinerja kiper Markus Haris Maulana yang dikulitinya.

Dalam komentarnya, Romualdez memang tak menyangkal bila Markus merupakan salah satu kiper yang tampil apik sepanjang babak penyisihan Grup A dengan hanya kebobolan dua gol. Namun, dia menilai Markus memiliki kelemahan karena sering mengambil keputusan yang salah.

Lebih lanjut dia membandingkan kinerja kiper andalan Persib Bandung itu dengan kiper andalan Filipina yang notabene berstatus naturalisasi, Neil Etheridge. Menurutnya, kiper yang merumput bersama klub Premier League, Fulham ini memiliki kapasitas yang lebih baik dari Markus dan pentas dinobatkan sebagai kiper terbaik pada perhelatan akbar dua tahunan ini.

Wajar bila Johnny menunjuk Neil sebagai kiper yang pantas dinobatkan sebagai kiper terbaik. Selain karena faktor nasionalis (sama-sama membela Filipina), sepanjang babak penyisihan grup, kiper muda 20 tahun ini baru kebobolan satu gol.

"Memang, Indonesia memiliki kiper yang berpostur ideal (tinggi), hampir enam kaki. Akan tetapi, penampilannya tidak secemerlang kiper kami. Neil Etheridge mungkin merupakan kiper terbaik di turnamen kali ini," tutur Romualdez sebagaimana dikutip abs-cbnnews, Selasa (14/12/2010).

"Saat dia menendang bola, itu terlihat sepertinya dia hanya mengoper bola kepada para pemain (Filipina) di lapangan. Selain akurat, tendangannya selalu mampu menjangkau hingga ke dekat kotak penalti," lanjut mantan presiden PFF.

0 komentar:

Posting Komentar