Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Rabu, 15 Desember 2010

EcuRed, Wikipedia Rasa Kuba

Rabu, 15 Desember 2010
Kuba memulai layanan online pertamanya dengan meluncurkan situs ensiklopedi yang mirip dengan Wikipedia. Tujuannya adalah menghadirkan sejarah yang sebenarnya ke dunia.

Situs ensiklopedi Kuba itu bernama EcuRed (Enciclopedia Cubana) dan akan resmi diluncurkan secepatnya. EcuRed telah siap dihadirkan dengan dilengkapi sekira 19.345 masukan artikel. Sayangnya, tidak seperti Wikipedia, meski artikel EcuRed dibuat oleh para pembaca namun untuk mempublikasikan artikel tersebut masih harus mendapatkan persetujuan dari admin langsung.

"Situs ini dikembangkan untuk menciptakan dan menyebar semua informasi untuk siapa saja, baik pengunjung situs dari Kuba maupun dunia," tulis sang admin dalam situs tersebut, seperti dikutip melalui Telegraph, Rabu (15/12/2010).

Kebanyakan artikel EcuRed berisi tentang hubungan antara Kuba dan AS, serta beberapa negara lain. Selain itu juga banyak artikel mengenai biografi mantan-mantan pemimpin Kuba, termasuk Fidel Castro dan pemimpin sekarang, saudara kandung Fidel, Raul Castro.

Sayangnya EcuRed belum menampilkan artikel mengenai perkembangan reformasi ekonomi di negara tersebut, baik saat kepemimpinan Fidel maupun saat Raul Castro berkuasa.

Menurut data pemerintah Kuba, awal tahun ini terdapat sekira 1,6 juta warga Kuba, dari total 11,2 juta populasi, memiliki akses ke internet.

0 komentar:

Posting Komentar